Friday, May 11, 2007

Setup Account, Vendor, Customer, Inventory

Pada postingan terdahulu saya dah jabarkan, bagaimana membuat setup untuk perusahaan baru, kali ini kita akan membahas bagaimana mensetup account/rekening, Vendor, Customer, Inventory, dan Project.

Setup Account.
Sebelum kita mensetup account/rekening di simply, sebaiknya kita membuat chart of account yang akan kita gunakan di Exel, sehingga kita akan lebih mudah menuangkannya ke dalam program simply. Secara default simply telah menyediakan tamplate accountnya sesuai dengan jenis usaha yang kita pilih pada saat setup New Company. Ketika chart of account simply tidak sesuai dengan perusahaan kita, kita tinggal mengedit saja, hal2 yang diperbolehkan dalam mengedit account adalah:
  • Merubah setting account : Hapuskan rekening yang tidak dipakai, alokasi project, online banking, penggunaan anggaran/budget pada rekening ini(dpt digunakan pada rekening rugi/laba saja).
  • Merubah nama account : Kita bisa merubah nama account sesuai dengan chart of account yang ada pada perusahaan kita.
  • Merubah Type/class account : Jika kita menambah atau mengedit account/rekening secara manual ada lima pilihan kategori/type rekening yang bisa kita pilih
    • (H) Group Heading
    • (A) Subgoup
    • (G) Group
    • (S) Subgroup Total
    • (T) Total

Berikut ini adalah gambar setting account, gbr.1 adalah jendela dari chart of account, double klik account yang mau kita edit, akan masuk ke gbr.2

dari sini kita bisa merubah nama account, dan settingannya.


To be continue.....



No comments:

Post a Comment